SMP NEGERI 2 SUSUT

Klasifikasi makhluk hidup

Written By Bangli Era Baru on Monday, August 24, 2020 | 11:14 PM

     Hari ini kita akan membahas latihan tentang klasifikasi mahluk hidup sedikit contoh materi 

yang diuraikan dibawah ini selengkapnya silakan buka dan baca buku paket IPA terpadu 

kelas 7, Klasifikasi makhluk hidup bertujuan untuk mempermudah mengenali, membandingkan dan mempelajari makhluk hidup. 


a.     Kingdom Protista
Ciri makhluk hidup yang masuk dikerajaan ini yaitu, memiliki membran atau sel prokariotik yang artinya sel tersebut memiliki membran inti.
Protista umumnya memiliki sifat antara hewan dan tumbuhan. Kelompok ini terdiri dari protista menyerupai hewan (Protozoa), protista menyerupai tumbuhan (ganggang) dan protista menyerupai jamur.

b.    ingdom Fungi (jamur)
Fungi hidup sebagai saprofit atau pengurai sisa-sisa makhluk hidup dan memiliki sel eukariotik atau bersel satu/banyak serta tidak berklorofil.
Karena tidak berkloforil sehngga fungi tidak bisa menghasilkan makanan sendiri yaitu berfotosintesis. Cara makannya yaitu secara heterotrof, yaitu menyerap zat organik dari lingkungannya sehingga hidupnya bersifat parasit dan saprofit.
Kelompok ini terdiri dari semua jamur, contohnya Rhisopuz orizae, Penicillium notatum, Saccharomyces cerevisiae. Kecuali jamur lendir (Mixomycota) dan jamur air (Oomycota).

c.     Kingdom Plantae (tumbuhan)
Tumbuhan memiliki sel ekuariotik. Tubuhnya terdiri dari banyak sel yang telah berdiferensiasi membentuk jaringan. Tumbuhan memilikikloroplas sehingga dapat membuat makanan sendiri (bersifat autotrof). 

d.    Kingdom Monera
Makhluk hidup yang dimasukkan dalam kerajaan monera bersifat uniseluler dan memiliki sel prokariotik, yang artinya sel tersebut tidak memiliki membran inti.   
Contoh, bakteri dan alga hijau biru (Cyianobacteria).

e.     Kingdom Animalia (hewan) 
Tubuh animalia tersusun atas banyak yang terspesialisasi membentuk jaringan, memiliki selekuariotik dan bersifat heterotrof atau tidakbisa menghasilkan makanannya sendiri.
Animalia dikelompokkan menjadi Vertebrata (bertulang belakang) dan Invertebrata(tidak bertulang belakang).

selanjutnya mari kita kerjakan latihan dibawawh ini


0 komentar:

Post a Comment