SMP NEGERI 2 SUSUT

Materi IPA 1

Written By Bangli Era Baru on Monday, August 3, 2020 | 10:56 PM

Gerak pada tumbuhan dibedakan menjadi 3 macam yaitu gerak endonom, gerak higroskopis dan gerak esionom. Sepertinya istilah ini jarang kalian dengar ya! Berikut penjelasan lengkapnya.

Gerak endonom
Gerak endonom adalah gerak pada tumbuhan yang terjadi secara spontan dan tidak diketahui penyebabnya. Dapat dikatakan juga bahwa gerak ini tidak memerlukan rangsangan dari luar. Diduga bahwa rangsangan berasal dari dalam tumbuhan itu sendiri.

Gerak Higroskopis
Gerak hidroskopis adalah gerak pada bagian tubuh tanaman karena pengaruh perubahan kadar air dalam sel sehingga menyebabkan terjadinya pengerutan yang tidak merata.

Gerak Esionom
Gerak esionom adalah gerak pada tumbuhan yang dipengaruhi atau disebabkan oleh adanya rangsangan dari luar (lingkungan)

 Gerak taktis
Gerak taktis adalah gerak pindah tempat seluruh bagain tumbuhan ke arah yang dipengaruhi oleh sumber rangsangan. Biasanya gerak ini hanya terjadi pada tumbuhan bersel satu sehingga tidak tampak oleh mata. Kan serem juga kalau terjadi pada tumbuhan besar

Lebih lengkap dan jelasnya silakan ikuti penjelasan secara livenya untuk absen silakan klik link pada kolom komentar di acara live hari rabu tanggal 5 agus 2020 jam 8 pagi


0 komentar:

Post a Comment