SMP NEGERI 2 SUSUT

PTK Kemampuan Siswa Pada Mata Pelajaran IPS melalui pemanfaatan Alat Peraga Pada Siswa

Written By Bangli Era Baru on Wednesday, June 30, 2021 | 3:24 AM

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A. LATAR BELAKANG

Seiring dengan perubahan paradigma pendidikan yang berorientasi dari model model pembelajaran yang konvensional kepada model model pembelajaran yang terbaru maka, guru dituntut unutuk terus menerus melatih diri untuk menerapkan metode metode tersebut. Penerapan metode membutuhkan keterampilan khusus yang berawal dari pembiasaan penggunaan metode dalam proses belajar mengajar. Dengan penggunaan metode yang tepat maka akan dapat dihasilkan kemampuan siswa yang baik sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Mata Pelajaran IPS yang didominasi oleh aspek kognitif yang bersifat deskriptif  menimbulkan kesulitan tersendiri dalam proses belajar mengajar baik itu dialami oleh guru yang menyampaikan materi atau siswa sebagai subjek penerima materi pelajaran.  Hal ini yang terjadi di sekolah SDN Mergosari 01 kelas V pada mata pelajaran IPS yang secara khusus pada materi Tokoh tokoh perjuangan pada Zaman Belanda dan Jepang.  Secara umum materi yang seperti itu disampaikan dengan metode ceramah langsung melalui cerita. Hal ini menimbulkan kejenuhan dan kebosanan pada diri siswa, untuk menghindari proses yang membosankan maka, perlu dicarikan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi tersebut.

Dalam menyelesaikan permasalahan ini maka peneliti sebagai guru bidang studi memilih metode yang dianggap sesuai yaitu metode alat peraga untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa tentang materi pelajaran IPS dengan metode penelitian tindakan kelas.



 

B. RUMUSAN MASALAH.

Berdasarkan latar belakang di atas maka peneliti membuat rumusan masalah sebagai berikut : Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Mata Pelajaran IPS melalui pemanfaatan Alat Peraga Pada Siswa Kelas V Semester II Tahun Ajaran 2008 SDN Mergosari 01 Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo ?.

 

C. TUJUAN PENELITIAN

Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Mata Pelajaran IPS melalui pemanfaatan Alat Peraga Pada Siswa 

C. MANFAAT PENELITIAN

a.      Bagi Kepala Sekolah :  Sebagai sarana  pembinaan kepada guru guru bidang Sosial untuk mempertimbangkan penggunaan metode Alat Peraga.

b.      Bagi guru  bidang studi Ilmu sosial : Sebagai sarana untuk meningkatkan hasil proses belajar mengajar bidang studi Sosial.

c.      Bagi teman sejawat :  Sebagai sarana untuk belajar dalam penelitian tindakan kelas  dengan metode yang berbeda sehingga memberikan pengetahuan dan wawasan yang lebih luas dalam penelitian tindakan kelas.

 

 

  

 

 

BAB II

KAJIAN PUSTAKA

 

A.    KEMAMPUAN SISWA

Kemampuan siswa merupakan identik dengan hasil belajar. Hasil belajar adalah hasil dimana guru melihat bentuk akhir dari pengalaman interaksi edukatif yang diperhatikan adalah menempatkan tingkah laku”. Dapat diartikan bahwa hasil belajar adalah suatu bentuk pertumbuhan atau Perubahan diri seseorang yang dinyatakan dengan cara bertingkah laku baru berkatpengalaman baru.  Dalam kaitannya dengan kegiatan belajar, maka hasil belajar merupakan hasil kegiatan belajar sedangkan belajar sendiri lebih menekankan pada proses kegiatannya, selain pada hasil kegiatannya.

Hasil belajar merupakan hasil yang menunjukkan kemampuan seseorang siswa dalam menguasai bahan pelajarannya. Hasil belajar dapat diuji melalui test;sehingga dapat digunakan untuk mengetahui keefektifan pengajaran dan keberhasilan siswa atau guru dalam proses belajar mengajar. Hasil belajar merupakan hasil dari proses kompleks. Hal ini disebabkan banyak Faktor yang terkandung di dalamnya baik yang berasal dari faktor intern maupun faktor ekstern.

Belajar sangat erat hubungannya dengan prestasi belajar.Karena prestasi itu sendiri merupakan hasil belajar itu biasanya dinyatakan dengan nilai. Menurut Winarno Surahmad (1997 : 88) sebagai berikut: “Hasil belajar adalah hasil dimana guru melihat bentuk akhir dari pengalaman interaksi edukatif yang diperhatikan adalah menempatkan tingkah laku”. Dapat diartikan bahwa hasil belajar adalah suatu bentuk pertumbuhan atau Perubahan diri seseorang yang dinyatakan dengan cara bertingkah laku baru berkat pengalaman baru.

Dalam kaitannya dengan kegiatan belajar, maka hasil belajar merupakan hasil kegiatan belajar sedangkan belajar sendiri lebih menekankan pada proses kegiatannya, selain pada hasil kegiatannya. Hasil belajar merupakan hasil yang menunjukkan kemampuan seseorang siswa dalam menguasai bahan pelajarannya. Hasil belajar dapat diuji melalui test;sehingga dapat digunakan untuk mengetahui keefektifan pengajaran dan keberhasilan siswa atau guru dalam proses belajar mengajar.

Hasil belajar merupakan hasil dari proses kompleks.Hal ini disebabkan banyakFaktor yang terkandung di dalamnya baik yang berasal dari faktor intern maupun faktor ekstern.  Adapun faktor intern yang mempengaruhi hasil belajar yaitu: 1) Faktor fisiologi seperti kondisi fisik dan kondisi indera. 2) Faktor Psikologi meliputi bakat,minat,kecerdasan motivasi, kemampuan kognitif.

Sedangkan faktor ekstern yang mempengaruhi hasil belajar adalah : 1) Lingkungan Yang termasuk faktor lingkungan adalah 1) Alam, masyarakat/keluarga. 2) Faktor Instrumental, Faktor ini terdiri dari kurikulum/bahan pengajaran sarana dan fasilitas.

 

B.     METODE ALAT PERAGA

Sedangkan yang dimaksud dengan alat peraga merupakan bagian dari media oleh karena itu istilah media harus dipahami terlebih dahulu sebelum mempelajari pengertian alat peraga itu sendiri. Media pengajaran diartikan semua benda yang bisa menjadi perantara terjadinya proses belajar dapat berupa perangkat lunak maupun keras. Menurut (Elly Estiningsih 1994), yang dimaksud dengan alat peraga adalah media pembelajaran yang membawa atau mengandung ciri ciri atau konsep yang dipelajari.  Tiap-tiap benda yang dapat menjelaskan suatu ide, prinsip, gejala atau hukum alam, dapat disebut alat peraga. Fungsi dari alat peraga ialah memvisualisasikan sesuatu yang tidak dapat dilihat atau sukar dilihat, hingga nampak jelas dan dapat menimbulkan pengertian atau meningkatkan persepsi seseorang (R.M. Soelarko, 1995: 6)

Ada lima fungsi pokok dari alat peraga dalam proses belajar mengajar yang dikemukakan (Sudjana, 2002: 99-100) dalam bukunya Dasar-dasar Proses belajar mengajar  a). Penggunaan alat peraga dalam proses belajar mengajar bukan merupakan fungsi tambahan tetapi mempunyai fungsi tersendiri sebagai alat bantu untuk mewujudkan situasi belajar mengajar yang efektif. b). Penggunaan alat peraga merupakan bagian yang integral dari keseluruhan situasi mengajar. c). Alat peraga dalam pengajaran penggunaannya integral dengan tujuan dan isi pelajaran. d). Alat peraga dalam pengajaran bukan semata-mata alat hiburan atau bukan sekedar pelengkap. e). Alat peraga dalam pengajaran lebih diutamakan untuk mempercepat proses belajar mengajar dan membantu siswa dalam menangkap pengertian yang diberikan guru. Penggunaan alat peraga dalam pengajaran diutamakan untuk mempertinggi mutu belajar mengajar.

Sebelum model pembelajaran ini dimulai, ada tiga unsur yang perlu dipersiapkan. Yakni, siswa, guru, dan perangkat pembelajaran. Ketiga unsur ini, merupakan hal yang paling dominan dan menentukan keberhasilan suatu pembelajaran. Ketiganya harus saling mendukung. Kalau ketiga unsur ini dapat berperan dengan baik, maka akan menghasilkan mutu pembelajaran yang baik pula.

 

C.    TINJAUAN PENELITIAN TERDAHULU

Dari beberapa penelitian yang sudah pernah dilakukan mengenai pengaruh alat peraga terhadap daya serap siswa yang dilakukan oleh Pujiati  (2004) menunjukkan bahwa dengan menggunakan alat peraga pada pembelajaran matematika mempunyai arti signifikan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.         

Berdasarkan penelitian tersebut maka, peneliti berasumsi bahwa dengan menggunakan alat peraga dalam bentuk gambar gambar tokoh pejuang zaman penjajahan Belanad dan Jepang  akan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa SDN Mergosari 01 dalam mata pelajaran IPS khususnya pada kompetensi dasar Mendeskripsikan Tokoh tokoh pejuang pada Zaman Penjajahan Belanda Dan Jepang..

 

 

 

 

 

D.    KERANGKA BERFIKIR

Kecenderungan proses belajar mengajar yang dilakukan pada mata pelajaran IPS mengakibatkan siswa cepat merasa jenuh dan tidak tertarik dengan apa yang disampaikan guru. Prilaku siswa seperti itu mendorong guru untuk berfikir kreatif dan inovatif untuk mencari alternatif alternatif metode penyampaian yang baru sehingga proses belajar mengajar bisa berjalan dengan baik. Salah satu metode pembelajaran yang sesuai untuk pembelajaran IPS secara khusus pada materi Tokoh tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang adalah metode alat peraga berupa Gambar pahlawan atau pejuang itu sendiri.

Alat peraga berupa gambar tokoh pejuang merupakan berusaha memvisualisasikan tokoh pejuang sehingga tampak manusia yang mereka pelajari sehingga mereka lebih mudah untuk mengingat dan lebih mudah memahami materi pembelajaran. Sesuai dengan apa yang disampaikan oleh (R.M. Soelarko,1995:6) bahwa Fungsi dari alat peraga ialah memvisualisasikan sesuatu yang tidak dapat dilihat atau sukar dilihat, hingga nampak jelas dan dapat menimbulkan pengertian atau meningkatkan persepsi seseorang.

 

 

 

 

           

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PERENCANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN

 

A.    LOKASI DAN SUBJEK PENELITIAN

               Lokasi pelaksanaan  perbaikan dilaksanakan di SDN Mergosari 01 Pada Siswa Kelas V Semester II Tahun Ajaran 2008 Kecamatan Tarik - Kabupaten Sidoarjo yan berjumlah 19 Siswa dengan  jadwal sebagai berikut :

a.       Tanggal 10 April 2008 materi pelajaran siklus satu dengan waktu 2 x  35  menit.

b.      Tanggal 17 April 2008 materi pelajaran Siklus II dengan waktu 2 x 35 menit.

c.       Tanggal 24 April 2008 materi pelajaran siklus III dengan alokasi waktu

2  x 35 menit.

 

B.     PROSEDUR PENELITIAN

1.      SIKLUS I

a.   Perencanaan

            Ada beberapa kegiatan pokok yang dilakukan dalam pelaksanaan pembelajaran ini. Pertama, mempersiapkan kelas untuk menerima pembelajaran. Kedua, kegiatan inti pembelajaran seperti membimbing siswa dalam mengamati gambar agar keadaan kelas tetap aman dan tertib, memperhatikan cara kerja siswa dalam kelompoknya, mengawasi siswa dalam pembuatan laporan, mendiskusikan temuan-temuan yang didapat siswa, dan bersama-sama siswa mengumpulkan gambar-gambar serta mengatur kelas. Kegiatan penutup, bersama siswa mengambil simpulan.

Dari ketiga kegiatan itu, yang perlu mendapat penjelasan adalah kegiatan inti. Kegiatan ini sangat berhubungan dengan pelaksanaan metode alat peraga. Langkah-langkah proses belajar mengajar dengan menggunakan alat peraga meliputi : a) Dalam kelas dipersiapkan dua deretan bangku yang disusun memanjang ke belakang, masing-masing diberi tanda A dan B. b) Di atas meja tersebut diletakkan 7 buah gambar tentang tokoh pejuang yang berbeda-beda. c) Siswa yang telah dibagi dalam dua kelompok akan mengamati gambar yang terletak di deretan meja yang sama dengan kelompoknya. d). Siswa menjawab kuis/pertanyaan yang diberikan guru. e). Siswa berdiskusi dan membuat laporan kelompok. f). Laporan dibacakan di depan kelas. g). Bersama guru membahas temuan-temuan dan mengambil simpulan.  h). Melaksanakan tes.

Sedangkan tujuan akhir dari penelitian ini adalah 1) Siswa mampu Mendeskripsikan dan mengidentifikasi Tokoh Pejuang pada masa  penjajahan Belanda Dan Jepang. 2) Siswa mampu mendeskripsikan perjuangan yang dilakukan oleh  para tokoh pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.

 

b.      Pelaksanaan

            Dalam pelaksanaan perbaikan ini didesain dengan Langkah langkah Pembelajaran menggunakan metode alat peraga gambar tokoh pejuang Adapun pelaksanaannya dilaksanakan dengan prosedur sebagai berikut :

Tahap

Fokus

Kegiatan Guru

Kegiatan Siswa

Kegiatan Awal 

Memotivasi Siswa dan Apersepsi

1.      Membuka pelajaran

2.      Memotivasi siswa dengan cara menjelaskan serta mengaitkan topik pelajaran dengan pengetahuan siswa dengan cara tanya jawab

3.      Menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan hari ini

4.      Menyampaikan gambaran inti pembelajaran.

1.   Menjawab salam pembukaan dari guru.

2. Menjawab pertanyaan guru sesuai dengan pengetahuan awal

3.Memperhatikan penjelasan guru

4..Memperhatikan Penjelasan Guru

Kegiatan Inti 

Meningkatkan kemampuan siswa tentang  pemahaman sejarah perjuangan.

1.      Guru membagi siswa dalam dua kelompok.

2.      Mempersiapkan dua deretan bangku yang disusun memanjang ke belakang, masing-masing diberi tanda A dan B.

3.      Meletakkan 7 buah atau lebih gambar tentang tokoh pejuang yang berbeda-beda dan memberi nomor urut gambar.

4.      Memberi Tugas mengamati gambar yang terletak di deretan meja yang sama dengan kelompoknya.

5.      Memberi Pertanyaan atau Kuis tentang gambar tokoh yang ada diatas bangku.

6.      Meminta siswa untuk berdiskusi tentang tokoh tersebut serta membuat laporan.

7.      Meminta Siswa untuk presentasi

1.      Siswa  Membagi menjadi 2 kelompok sesuai dengan perintah guru

2.      Siswa Mengikuti perintah guru menyususn bangku memanjang  dan memberi Tanda A dan B.

3.      Siswa meletakkan gambar tokoh secara berutan.

4.      Siswa mengamatai setiap gambar tokoh dan mengidentifikasinya

5.      Siswa menjawab kuis dan bercerita tentang tokoh

6.      Siswa melakukan diskusi

7.      Siswa presentasi

Kegiatan akhir

Memantapkan pemahaman siswa Perjuangan Tokoh tokoh

2.      Bersama siswa membahas temuan-temuan dan mengambil sipulan.

3.      Mengadakan Evaluasi

1.       Siswa membuat kesimpulan

2.       Siswa mengerjakan soal evaluasi

 

 

 

c.       Pengumpulan Data (Observasi)

Berdasarkan hasil pengamatan pada perbaikan pembelajaran siklus I dengan menggunakan lembar observasi maka dapat diketahui bahawa pada tahap awal  setelah guru membuka pelajaran dilanjutkan dengan memberikan pertanyaan pancingan kepada siswa tentang  Tokoh Tokoh perjuangan pada Zaman Belanda dan Jepang dengan memberikan pertanyaan Bangsa mana yang pernah menjajah indonesia ? Kapan mereka menjajah ? Siapakah tokoh perjuangan yang melawan penjajah belanda dan Jepang ? dari hasil pengamatan diketahui bahwa siswa kurang antusias untuk menjawab pertanyaan itu, hal itu bisa di sebabkan karena siswa belum mempunyai pengetahuan awal sama sekali tentang Tokoh Tokoh perjuangan pada Zaman Belanda dan Jepang hanya 2 siswa yang mencoba menjawab walaupun masih dalam kategori salah.  Kegiatan selanjutnya yang dilakukukan oleh guru adalah guru menyampaikan Tujuan pembelajaran serta gambaran inti dari pembelajaran. Kegiatan ini siswa sedikit ada perubahan sikap agak memperhatikan  secara serius. Dari analisis pengamat tahapan ini guru menggunakan metode Problem Based learning yaitu guru memberikan masalah dengan memberikan pertanyaan.

Pada tahap inti Guru mempersiapkan pembentukan kelompok sesuai dengan urutan absen dan meminta siswa duduk sesuai dengan deretan bangku. Kemudian guru meminta siswa untuk menata tempat duduk sesuai dengan jumlah kelompok masing masing, Dalam penataan bangku berderet kebelakang ini siswa kesulitan untuk menata karena guru tidak menjelaskan jumlah bangku yang ditata berapa sesuai dengan jumlah kelompok dan belum memberikan nama kelompok. Kegiatan selanjutnya Kemudian guru memulai menata gambar tokoh tokoh perjuangan jaman belanda dan Jepang di atas meja secara berurutan. Dari pengamatan observer diketahui fase ini siswa tidak bisa menata sesuai dengan baik karena guru lupa memberikan nomor urut pada gambar tokoh tokoh perjuangan tersebut. Kemudian guru meminta siswa untuk mengamati satu persatu gambar yang sudah ada didepan mereka. Setelah itu memulai langkah memberikan pertanyaan atau kuis dengan cara menunjuk kelompok apa yang akan menjawab dengan pertanyaan seperti ini contoh ini “ Kelompok A, Jelaskan Gambar siapa yang ada berada pada nomor urut 5 dan jelaskan perjuangan beliau pada masa penjajahan belanda dan jepang ? Dari catatan observer pada fase ini agak berjalan dengan baik tetapi menimbulkan kegaduhan karena siswa takut mendapat giliran untuk menjawab pertanyaan secara individual dan tidak boleh diwakilkan oleh kelompok tersebut. Langkah selanjutnya adalah guru meminta siswa untuk berdiskusi dengan teman sekelompok tentang Tokoh Tokoh perjuangan pada Zaman Belanda dan Jepang dengan jalan menceritakan dan mendiskusikan semua gambar yang tersedia. Namun masih banyak siswa yang belum bisa berdiskusi dengan teman kelompoknya karena takut. Setelah itu guru membimbing siswa untuk menyamakan persepsi dengan jalan mempresentasikan hasil diskusi dengan teman sebangku namun dari hasil pengamatan menunjukkan bahwa kelompok yang sudah terbentuk tidak dapat mempresentasikan hasil diskusinya secara keseluruhan karena terlalu banyak tokoh yang harus dipresentasikan,

   Pada tahap akhir guru menyimpulkan hasil pembelajaran tentang Tokoh Tokoh perjuangan pada Zaman Belanda dan Jepang dan siswa memperhatikan dengan seksama. Langkah kedua Mengevaluasi hasil pembelajaran dengan cara memberikan evaluasi secara individu. Dari hasil pembahasan hasil evaluasi dengan koreksi silang diketahui bahwa sebagian besar siswa tidak bisa menjawab evaluasi.  Sebagai bahan untuk lebih dapat memahami tentang perjuangan tokoh tokoh perjuangan  maka, guru memberikan tugas kepada siswa untuk mencari Gambar gambar tokoh perjuangan selain yang sudah ada dalam pelajaran pertama.

 

d.      Refleksi (Analisis dan Interpretasi)

Pada Siklus I,  Pada tahap awal ada satu fase yang gagal yaitu fase tanya jawab awal tentang tokoh tokoh perjuangan pada zaman penjajah belanda dan jepang. Untuk mengatasi hal tersebut hendaknya sebelum proses belajar mengajar tentang Tokoh Tokoh perjuangan pada Zaman Belanda dan Jepang di mulai, guru memberikan penjelasan tentang materi apa yang akan dipelajari pada pembelajaran sebelumnya dan guru meminta siswa untuk membacanya lebih buku tentang Tokoh Tokoh perjuangan pada Zaman Belanda dan Jepang di rumah sehingga siswa mempunyai pengetahuan awal yang cukup.

Pada tahap Inti hanya dua fase yang berhasil tetapi pada fase yang lain gagal. Fase itu antara lain Siswa tidak dapat membentuk deretan bangku ke belakang karena guru sebelumnya tidak menjelaskan jumlah bangku dan guru tidak memberi nama kelompok yang sudah dibentuk sehingga siswa kesulitan untuk menentukan kelompok apa di tempat yang mana ?.  Fase selanjutnya yang gagal adalah Fase meletakkan gambar secara berurutan, fase gagal karena guru lupa memberikan nomor urut pada gambar peraga atau ambar tokoh pejuang sehinga siswa kesulitan untuk menentukan mana gambar yang dahulukan dan mana gambar yang diletakkan belakang. Hal ini bisa diselesaikan dengan cara memberikan nomer urut pada gambar yang sudah ditentukan sehingga siswa tinggal menyusun gambar sesuai urutan nomor dan urutan bangku. Fase selanjutkan yang tidak berhasil adalah fase kuis atau pemberian pertanyaan kepada siswa yang sudah mengetahui nomor urut gambar. Fase ini gagal karena ketidak siapan siswa dalam menjawab pertanyaan atau kuis yang disampaikan guru, karena proses penunjukkan siapa yang harus menjawab pertanyaan dan gambar apa yang harus dijelaskan oleh siswa  secara acak dan mendadak sehingga bagi siswa yang tidak siap dan tidak mau membaca maka, siswa kesulitan. Untuk mengatasi hal tersebut maka perlu waktu dan kesempatan bagi siswa untuk mendalami sejarah perjuangan para tokoh pejuang  yang terdapat dalam gambar sebagai alat peraga, sehingga dengan penguasaan pengetahuan awal yang cukup maka siswa dapat menjawab kuis dengan baik.

Fase yang gagal selanjutnya adalah kegiatan diskusi tentang sejarah pejuang dalam gambar peraga, kegagalan fase ini merupakan masalah klasik yaitu siswa tidak terbiasa berdiskusi untuk mengungkapkan pendapat sehingga proses berjalannya diskusi tidak bisa berjalan dengan lancar dan siswa kesulitan membuat laporan karena guru sebelumnya tidak menjelaskan bagaimana format pembuatan laporannya. Kesulitan pembuatan laporan banyak disebabkan karena ketidakbiasaan siswa unutuk menulis dan mengarang sehingga proses pembuatan laporan sangat lambat dan memakan banyak waktu. Fase selanjutnya yang tidak berhasil adalah fase presentasi tentang gambar tokoh pejuang sebagai alat peraga. Hal di sebabkan karena ketidaksiapan siapa yang ditunjuk untuk melakukan presentasi gambar gambar yang mereka pegang karena setiap kelompok mempunyai gambar yang berbeda beda. Selain itu faktor psikis atau mental yang tidak siap bagi siswa untuk duduk didepan temannya, hal ini bisa diatasi dengan jalan memberikan motivasi secara terus menerus tentang  bagaimana cara presentasi dan bagaimana  menghilangkan grogi atau gemetar.

Pada tahap akhir  ada satu fase yang gagal yaitu test  atau evaluasi siswa. Dari hasil test dapat diketahui bahwa keberhasilan siswa hanya 68,4 persen sedangkan 31,6 persen siswa mempunyai nilai  dibawah standart. Fase yang termasuk kategori berhasil  adalah pembahasan kesimpulan tentang tokoh pejuang dan membuat kesimpulan.

 

 

 

2.      SIKLUS 2

a.      Perencanaan

Berdasarkan hasil refleksi pada Siklus Ke 1 maka, dibuat perencanaan perbaikan pembelajaran  pada siklus yang ke 2 sebagai berikut yaitu Selama  pelaksanaan pengamatan dari awal percobaan sampai akhir pembelajaran diamati dan dicatat oleh pengamat dengan struktur sebagai berikut : Yaitu tahap awal, Tahap inti  dan tahap akhir.  Pengamat mencatat dalam lembar observasi yang telah disediakan. Dalam pembelajaran IPS tentang perjuangan tokoh perjuangan pada zaman penjajahan Belanda dan Jepang  siklus I dicatat sebagai berikut :

Kegiatan guru pada Kegiatan awal :  1)  Membuka pelajaran 2) Memotivasi siswa dengan cara menjelaskan serta mengaitkan topik pelajaran dengan pengetahuan siswa dengan cara tanya jawab 3) Menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan hari ini  4). Menyampaikan gambaran inti pembelajaran. 

Kegiatan guru pada tahap Inti : 1) Guru membagi siswa dalam dua kelompok. 2) Mempersiapkan dua deretan bangku yang disusun memanjang ke belakang, masing-masing diberi tanda A dan B. 3) Meletakkan 7 buah atau lebih gambar tentang tokoh pejuang yang berbeda-beda dan memberi nomor urut gambar. 4) Memberi Tugas mengamati gambar yang terletak di deretan meja yang sama dengan kelompoknya. 5) Memberi Pertanyaan atau Kuis tentang gambar tokoh yang ada diatas bangku. 6) Meminta siswa untuk berdiskusi tentang tokoh tersebut serta membuat laporan. 7) Meminta Siswa untuk presentasi Kegiatan Guru pada tahap Akhir : 1) Bersama siswa membahas temuan-temuan dan mengambil simpulan. 2) Mengadakan Evaluasi.

 

 

 

b.      Pelaksanaan

Dalam pelaksanaan perbaikan pada siklus yang ke 2 ini dilaksanakan dengan Langkah langkah Pembelajaran dengan menggunakan metode alat peraga gambar tokoh pejuang Adapun pelaksanaannya dilaksanakan dengan prosedur sebagai berikut :

Tahap

Fokus

Kegiatan Guru

Kegiatan Siswa

Kegiatan Awal 

Memotivasi Siswa dan Apersepsi

1.    Membuka pelajaran

2.    Memotivasi siswa dengan cara menjelaskan serta mengaitkan topik pelajaran dengan pengetahuan siswa dengan cara tanya jawab

3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan hari ini

4.    Menyampaikan gambaran inti pembelajaran.

1.      Menjawab salam pembukaan dari guru.

2.      Menjawab pertanyaan guru sesuai dengan pengetahuan awal

3.      Memperhatikan penjelasan guru

4.      Memperhatikan Penjelasan Guru

Kegiatan Inti 

Meningkatkan kemampuan siswa tentang  pemahaman sejarah perjuangan.

1.      Guru membagi siswa dalam dua kelompok.

2.      Mempersiapkan dua deretan bangku yang disusun memanjang ke belakang, masing-masing diberi tanda A dan B.

3.      Meletakkan 7 buah atau lebih gambar tentang tokoh pejuang yang berbeda-beda dan memberi nomor urut gambar.

4.      Memberi Tugas mengamati gambar yang terletak di deretan meja yang sama dengan kelompoknya.

5.      Memberi Pertanyaan atau Kuis tentang gambar tokoh yang ada diatas bangku.

6.      Meminta siswa untuk berdiskusi tentang tokoh tersebut serta membuat laporan.

7.      Meminta Siswa untuk presentasi

1.Siswa  Membagi menjadi 2 kelompok sesuai dengan perintah guru

2.Siswa Mengikuti perintah guru menyususn bangku memanjang  dan memberi Tanda A dan B.

3.Siswa meletakkan gambar tokoh secara berutan.

4.Siswa mengamatai setiap gambar tokoh dan mengidentifikasinya

5.Siswa menjawab kuis dan bercerita tentang tokoh

6.Siswa melakukan diskusi

7.Siswa presentasi

Kegiatan akhir

Memantapkan pemahaman siswa Perjuangan Tokoh tokoh

1.      Bersama siswa membahas temuan-temuan dan mengambil sipulan.

2.      Mengadakan Evaluasi

1.      Siswa membuat kesimpulan

2.      Siswa mengerjakan soal evaluasi

 

 

c.       Pengumpulan Data

         Dari proses pelaksanaan perbaiakan pada siklus 2 maka didapatkan data data sebagai berikut melalui lembar observasi yaitu hasil pengamatan pada siklus pembelajaran I dapat diketahui pada tahap awal  setelah guru membuka pelajaran dilanjutkan dengan memberikan pertanyaan pancingan kepada siswa tentang  Tokoh Tokoh perjuangan pada Zaman Belanda dan Jepang dengan memberikan pertanyaan Bangsa mana yang pernah menjajah indonesia ? Kapan mereka menjajah ? Siapakah tokoh perjuangan yang melawan penjajah belanda dan Jepang ? dari hasil pengamatan diketahui bahwa siswa kurang antusias untuk menjawab pertanyaan itu, hal itu bisa di sebabkan karena siswa belum mempunyai pengetahuan awal sama sekali tentang Tokoh Tokoh perjuangan pada Zaman Belanda dan Jepang hanya 2 siswa yang mencoba menjawab walaupun masih dalam kategori salah.  Kegiatan selanjutnya yang dilakukukan oleh guru adalah guru menyampaikan Tujuan pembelajaran serta gambaran inti dari pembelajaran. Kegiatan ini siswa sedikit ada perubahan sikap agak memperhatikan  secara serius. Dari analisis pengamat tahapan ini guru menggunakan metode Problem Based learning yaitu guru memberikan masalah dengan memberikan pertanyaan.

         Pada tahap inti Guru mempersiapkan pembentukan kelompok sesuai dengan urutan absen dan meminta siswa duduk sesuai dengan deretan bangku. Kemudian guru meminta siswa untuk menata tempat duduk sesuai dengan jumlah kelompok masing masing, Dalam penataan bangku berderet kebelakang ini siswa kesulitan untuk menata karena guru tidak menjelaskan jumlah bangku yang ditata berapa sesuai dengan jumlah kelompok dan belum memberikan nama kelompok. Kegiatan selanjutnya Kemudian guru memulai menata gambar tokoh tokoh perjuangan jaman belanda dan Jepang di atas meja secara berurutan. Dari pengamatan observer diketahui fase ini siswa tidak bisa menata sesuai dengan baik karena guru lupa memberikan nomor urut pada gambar tokoh tokoh perjuangan tersebut. Kemudian guru meminta siswa untuk mengamati satu persatu gambar yang sudah ada didepan mereka. Setelah itu memulai langkah memberikan pertanyaan atau kuis dengan cara menunjukk kelompok apa yang akan menjawab dengan pertanyaan seperti ini contoh ini “ Kelompok A, Jelaskan Gambar siapa yang ada berada pada nomor urut 5 dan jelaskan perjuangan beliau pada masa penjajahan belanda dan jepang ? Dari catatan observer pada fase ini agak berjalan dengan baik tetapi menimbulkan kegaduhan karena siswa takut mendapat giliran untuk menjawab pertanyaan secara individual dan tidak boleh diwakilkan oleh kelompok tersebut. Langkah selanjutnya adalah guru meminta siswa untuk berdiskusi dengan teman sekelompok tentang Tokoh Tokoh perjuangan pada Zaman Belanda dan Jepang dengan jalan menceritakan dan mendiskusikan semua gambar yang tersedia. Namun masih banyak siswa yang belum bisa berdiskusi dengan teman kelompoknya karena takut. Setelah itu guru membimbing siswa untuk menyamakan persepsi dengan jalan mempresentasikan hasil diskusi dengan teman sebangku namun dari hasil pengamatan menunjukkan bahwa kelompok yang sudah terbentuk tidak dapat mempresentasikan hasil diskusinya secara keseluruhan karena terlalu banyak tokoh yang harus dipresentasikan,

         Pada tahap akhir guru menyimpulkan hasil pembelajaran tentang Tokoh Tokoh perjuangan pada Zaman Belanda dan Jepang dan siswa memperhatikan dengan seksama. Langkah kedua Mengevaluasi hasil pembelajaran dengan cara memberikan evaluasi secara individu. Dari hasil pembahasan hasil evaluasi dengan koreksi silang diketahui bahwa sebagian besar siswa tidak bisa menjawab evaluasi.  Sebagai bahan untuk lebih dapat memahami tentang perjuangan tokoh tokoh perjuangan  maka, guru memberikan tugas kepada siswa untuk mencari Gambar gambar tokoh perjuangan selain yang sudah ada dalam pelajaran pertama.

 

d.      Refleksi (Analisis dan Interpretasi)

         Berdasarkan data hasil pengumpulan pada siklus 2 dapat diketahui bahawa tahap awal semua fase dapat dijalankan dengan lancar.  baik yang dilakukan guru maupun respon siswa sudah sesuai dengan harapan.                Pada tahap Inti hanya 3 fase yang berhasil tetapi pada fase yang lain gagal. Fase itu ada Fase meletakkan gambar secara berurutan, fase itu gagal karena guru lupa memberikan nomor urut pada gambar peraga atau gambar tokoh pejuang sehinga siswa kesulitan untuk menentukan mana gambar yang dahulukan dan mana gambar yang diletakkan belakang. Hal ini bisa diselesaikan dengan cara memberikan nomer urut pada gambar yang sudah ditentukan sehingga siswa tinggal menyusun gambar sesuai urutan nomor dan urutan bangku. Fase selanjutkan yang tidak berhasil adalah fase kuis atau pemberian pertanyaan kepada siswa yang sudah mengetahui nomor urut gambar. Fase ini gagal karena ketidak siapan siswa dalam menjawab pertanyaan atau kuis yang disampaikan guru, karena proses penunjukkan siapa yang harus menjawab pertanyaan dan gambar apa yang harus dijelaskan oleh siswa  secara acak dan mendadak sehingga bagi siswa yang tidak siap dan tidak mau membaca maka, siswa kesulitan. Untuk mengatasi hal tersebut maka perlu waktu dan kesempatan bagi siswa untuk mendalami sejarah perjuangan para tokoh pejuang  yang terdapat dalam gambar sebagai alat peraga, sehingga dengan penguasaan pengetahuan awal yang cukup maka siswa dapat menjawab kuis dengan baik.

         Fase yang gagal selanjutnya adalah kegiatan diskusi tentang sejarah pejuang dalam gambar peraga, kegagalan fase ini merupakan masalah klasik yaitu siswa tidak terbiasa berdiskusi untuk mengungkapkan pendapat sehingga proses berjalannya diskusi tidak bisa berjalan dengan lancar dan siswa kesulitan membuat laporan karena guru sebelumnya tidak menjelaskan bagaimana format pembuatan laporannya. Kesulitan pembuatan laporan banyak disebabkan karena ketidakbiasaan siswa unutuk menulis dan mengarang sehingga proses pembuatan laporan sangat lambat dan memakan banyak waktu. Fase selanjutnya yang tidak berhasil adalah fase presentasi tentang gambar tokoh pejuang sebagai alat peraga. Hal di sebabkan karena ketidaksiapan siapa yang ditunjuk untuk melakukan presentasi gambar gambar yang mereka pegang karena setiap kelompok mempunyai gambar yang berbeda beda. Selain itu faktor psikis atau mental yang tidak siap bagi siswa untuk duduk didepan temannya, hal ini bisa diatasi dengan jalan memberikan motivasi secara terus menerus tentang  bagaimana cara presentasi dan bagaimana  menghilangkan grogi atau gemetar.

         Pada tahap akhir  semua  fase dapat dijalankan dengan baik  Dari hasil test dapat diketahui bahwa keberhasilan siswa mencapai nilai 84,2 persen sedangkan 15,8 persen siswa mempunyai nilai  dibawah standart. Fase yang termasuk kategori berhasil  adalah pembahasan kesimpulan tentang tokoh pejuang dan membuat kesimpulan dan evaluasi.

 

3.      SIKLUS 3

a.      Perencanaan

Berdasarkan hasil refleksi pada Siklus Ke 2 maka, dibuat perencanaan perbaikan pembelajaran  pada siklus yang ke 3 sebagai berikut yaitu Selama  pelaksanaan pengamatan dari awal percobaan sampai akhir pembelajaran diamati dan dicatat oleh pengamat dengan struktur sebagai berikut : Yaitu tahap awal, Tahap inti  dan tahap akhir.  Pengamat mencatat dalam lembar observasi yang telah disediakan. Dalam pembelajaran IPS tentang perjuangan tokoh perjuangan pada zaman penjajahan Belanda dan Jepang  siklus I dicatat sebagai berikut :

Kegiatan guru pada Kegiatan awal :  1)  Membuka pelajaran 2) Memotivasi siswa dengan cara menjelaskan serta mengaitkan topik pelajaran dengan pengetahuan siswa dengan cara tanya jawab 3) Menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan hari ini  4). Menyampaikan gambaran inti pembelajaran. 

Kegiatan guru pada tahap Inti : 1) Guru membagi siswa dalam dua kelompok. 2) Mempersiapkan dua deretan bangku yang disusun memanjang ke belakang, masing-masing diberi tanda A dan B. 3) Meletakkan 7 buah atau lebih gambar tentang tokoh pejuang yang berbeda-beda dan memberi nomor urut gambar. 4) Memberi Tugas mengamati gambar yang terletak di deretan meja yang sama dengan kelompoknya. 5) Memberi Pertanyaan atau Kuis tentang gambar tokoh yang ada diatas bangku. 6) Meminta siswa untuk berdiskusi tentang tokoh tersebut serta membuat laporan. 7) Meminta Siswa untuk presentasi Kegiatan Guru pada tahap Akhir : 1) Bersama siswa membahas temuan-temuan dan mengambil simpulan. 2) Mengadakan Evaluasi.

 

b.   Pelaksanaan

         Dalam pelaksanaan perbaikan pada siklus yang ke 3 ini dilaksanakan dengan Langkah langkah Pembelajaran dengan menggunakan metode alat peraga gambar tokoh pejuang Adapun pelaksanaannya dilaksanakan dengan prosedur sebagai berikut :

Tahap

Fokus

Kegiatan Guru

Kegiatan Siswa

Kegiatan Awal 

Memotivasi Siswa dan Apersepsi

1.     Membuka pelajaran

2.     Memotivasi siswa dengan cara menjelaskan serta mengaitkan topik pelajaran dengan pengetahuan siswa dengan cara tanya jawab

3.     Menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan hari ini

4.     Menyampaikan gambaran inti pembelajaran.

1.      Menjawab salam pembukaan dari guru.

2.      Menjawab pertanyaan guru sesuai dengan pengetahuan awal

3.      Memperhatikan penjelasan guru

4.      Memperhatikan Penjelasan Guru

Kegiatan Inti 

Meningkatkan kemampuan siswa tentang  pemahaman sejarah perjuangan.

1.      Guru membagi siswa dalam dua kelompok.

2.      Mempersiapkan dua deretan bangku yang disusun memanjang ke belakang, masing-masing diberi tanda A dan B.

3.      Meletakkan 7 buah atau lebih gambar tentang tokoh pejuang yang berbeda-beda dan memberi nomor urut gambar.

4.      Memberi Tugas mengamati gambar yang terletak di deretan meja yang sama dengan kelompoknya.

5.      Memberi Pertanyaan atau Kuis tentang gambar tokoh yang ada diatas bangku.

6.      Meminta siswa untuk berdiskusi tentang tokoh tersebut serta membuat laporan.

7.      Meminta Siswa untuk presentasi

1.Siswa  Membagi menjadi 2 kelompok sesuai dengan perintah guru

2.Siswa Mengikuti perintah guru menyususn bangku memanjang  dan memberi Tanda A dan B.

3.Siswa meletakkan gambar tokoh secara berutan.

4.Siswa mengamatai setiap gambar tokoh dan mengidentifikasinya

5.Siswa menjawab kuis dan bercerita tentang tokoh

6.Siswa melakukan diskusi

7.Siswa presentasi

Kegiatan akhir

Memantapkan pemahaman siswa Perjuangan Tokoh tokoh

1.      Bersama siswa membahas temuan-temuan dan mengambil sipulan.

2.      Mengadakan Evaluasi

1.      Siswa membuat kesimpulan

2.      Siswa mengerjakan soal evaluasi

 

 

c.       Pengumpulan Data

Berdasarkan hasil pengamatan pada siklus pembelajaran III maka didapatkan data sebagai berikut : Pada tahap awal  setelah guru membuka pelajaran dilanjutkan dengan memberikan pertanyaan pancingan kepada siswa tentang  Tokoh Tokoh perjuangan pada Zaman Belanda dan Jepang dengan memberikan pertanyaan Bangsa mana yang pernah menjajah indonesia ? Kapan mereka menjajah ? Siapakah tokoh perjuangan yang melawan penjajah belanda dan Jepang ? dari hasil pengamatan diketahui bahwa siswa kurang antusias untuk menjawab pertanyaan itu, hal itu bisa disebabkan karena siswa belum mempunyai pengetahuan awal sama sekali tentang Tokoh Tokoh perjuangan pada Zaman Belanda dan Jepang hanya 2 siswa yang mencoba menjawab walaupun masih dalam kategori salah.  Kegiatan selanjutnya yang dilakukukan oleh guru adalah guru menyampaikan Tujuan pembelajaran serta gambaran inti dari pembelajaran.

         Pada tahap inti Guru mempersiapkan pembentukan kelompok sesuai dengan urutan absen dan meminta siswa duduk sesuai dengan deretan bangku. Kemudian guru meminta siswa untuk menata tempat duduk sesuai dengan jumlah kelompok masing masing, Dalam penataan bangku berderet kebelakang ini siswa tidak kesulitan untuk menata karena guru sudah  menjelaskan jumlah bangku yang ditata berapa sesuai dengan jumlah kelompok dan sudah memberikan nama kelompok. Kegiatan selanjutnya Kemudian guru memulai menata gambar tokoh tokoh perjuangan jaman belanda dan Jepang di atas meja secara berurutan. Dari pengamatan observer diketahui fase ini siswa tidak bisa menata sesuai dengan baik karena guru lupa memberikan nomor urut pada gambar tokoh tokoh perjuangan tersebut. Kemudian guru meminta siswa untuk mengamati satu persatu gambar yang sudah ada didepan mereka. Setelah itu memulai langkah memberikan pertanyaan atau kuis dengan cara menunjukk kelompok apa yang akan menjawab dengan pertanyaan seperti ini contoh ini “ Kelompok A, Jelaskan Gambar siapa yang ada berada pada nomor urut 5 dan jelaskan perjuangan beliau pada masa penjajahan belanda dan jepang ? Dari catatan observer pada fase ini agak berjalan dengan baik tetapi menimbulkan kegaduhan karena siswa takut mendapat giliran untuk menjawab pertanyaan secara individual dan tidak boleh diwakilkan oleh kelompok tersebut. Langkah selanjutnya adalah guru meminta siswa untuk berdiskusi dengan teman sekelompok tentang Tokoh Tokoh perjuangan pada Zaman Belanda dan Jepang dengan jalan menceritakan dan mendiskusikan semua gambar yang tersedia. Namun masih banyak siswa yang belum bisa berdiskusi dengan teman kelompoknya karena takut. Setelah itu guru membimbing siswa untuk menyamakan persepsi dengan jalan mempresentasikan hasil diskusi dengan teman sebangku namun dari hasil pengamatan menunjukkan bahwa kelompok yang sudah terbentuk tidak dapat mempresentasikan hasil diskusinya secara keseluruhan karena terlalu banyak tokoh yang harus dipresentasikan,

         Pada tahap akhir guru menyimpulkan hasil pembelajaran tentang Tokoh Tokoh perjuangan pada Zaman Belanda dan Jepang dan siswa memperhatikan dengan seksama. Langkah kedua Mengevaluasi hasil pembelajaran dengan cara memberikan evaluasi secara individu. Dari hasil pembahasan hasil evaluasi dengan koreksi silang diketahui bahwa sebagian besar siswa tidak bisa menjawab evaluasi.  Sebagai bahan untuk lebih dapat memahami tentang perjuangan tokoh tokoh perjuangan  maka, guru memberikan tugas kepada siswa untuk mencari Gambar gambar tokoh perjuangan selain yang sudah ada dalam pelajaran pertama.

 

d.      Refleksi (Analisis dan Interpretasi)

         Pada tahap awal ada satu fase yang gagal yaitu fase tanya jawab awal tentang tokoh tokoh perjuangan pada zaman penjajah belanda dan jepang. Untuk mengatasi hal tersebut hendaknya sebelum proses belajar mengajar tentang Tokoh Tokoh perjuangan pada Zaman Belanda dan Jepang di mulai, guru memberikan penjelasan tentang materi apa yang akan dipelajari pada pembelajaran sebelumnya dan guru meminta siswa untuk membacanya lebih buku tentang Tokoh Tokoh perjuangan pada Zaman Belanda dan Jepang di rumah sehingga siswa mempunyai pengetahuan awal yang cukup.

         Pada tahap Inti hanya dua fase yang berhasil tetapi pada fase yang lain gagal. Fase itu antara lain Siswa tidak dapat membentuk deretan bangku ke belakang karena guru sebelumnya tidak menjelaskan jumlah bangku dan guru tidak memberi nama kelompok yang sudah dibentuk sehingga siswa kesulitan untuk menentukan kelompok apa di tempat yang mana ?.  Fase selanjutnya yang gagal adalah Fase meletakkan gambar secara berurutan, fase gagal karena guru lupa memberikan nomor urut pada gambar peraga atau ambar tokoh pejuang sehinga siswa kesulitan untuk menentukan mana gambar yang dahulukan dan mana gambar yang diletakkan belakang. Hal ini bisa diselesaikan dengan cara memberikan nomer urut pada gambar yang sudah ditentukan sehingga siswa tinggal menyusun gambar sesuai urutan nomor dan urutan bangku. Fase selanjutkan yang tidak berhasil adalah fase kuis atau pemberian pertanyaan kepada siswa yang sudah mengetahui nomor urut gambar. Fase ini gagal karena ketidak siapan siswa dalam menjawab pertanyaan atau kuis yang disampaikan guru, karena proses penunjukkan siapa yang harus menjawab pertanyaan dan gambar apa yang harus dijelaskan oleh siswa  secara acak dan mendadak sehingga bagi siswa yang tidak siap dan tidak mau membaca maka, siswa kesulitan. Untuk mengatasi hal tersebut maka perlu waktu dan kesempatan bagi siswa untuk mendalami sejarah perjuangan para tokoh pejuang  yang terdapat dalam gambar sebagai alat peraga, sehingga dengan penguasaan pengetahuan awal yang cukup maka siswa dapat menjawab kuis dengan baik.

         Fase yang gagal selanjutnya adalah kegiatan diskusi tentang sejarah pejuang dalam gambar peraga, kegagalan fase ini merupakan masalah klasik yaitu siswa tidak terbiasa berdiskusi untuk mengungkapkan pendapat sehingga proses berjalannya diskusi tidak bisa berjalan dengan lancar dan siswa kesulitan membuat laporan karena guru sebelumnya tidak menjelaskan bagaimana format pembuatan laporannya. Kesulitan pembuatan laporan banyak disebabkan karena ketidakbiasaan siswa unutuk menulis dan mengarang sehingga proses pembuatan laporan sangat lambat dan memakan banyak waktu. Fase selanjutnya yang tidak berhasil adalah fase presentasi tentang gambar tokoh pejuang sebagai alat peraga. Hal di sebabkan karena ketidaksiapan siapa yang ditunjuk untuk melakukan presentasi gambar gambar yang mereka pegang karena setiap kelompok mempunyai gambar yang berbeda beda. Selain itu faktor psikis atau mental yang tidak siap bagi siswa untuk duduk didepan temannya, hal ini bisa diatasi dengan jalan memberikan motivasi secara terus menerus tentang  bagaimana cara presentasi dan bagaimana  menghilangkan grogi atau gemetar.

         Pada tahap akhir  ada satu fase yang gagal yaitu test  atau evaluasi siswa. Dari hasil test dapat diketahui bahwa keberhasilan siswa hanya 68,4 persen sedangkan 31,6 persen siswa mempunyai nilai  dibawah standart. Fase yang termasuk kategori berhasil  adalah pembahasan kesimpulan tentang tokoh pejuang dan membuat kesimpulan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

 

A.    HASIL PENELITIAN

 1. SIKLUS I

      Dari hasil pengamatan yang sudah lakukan oleh teman sejawat dari tahapan awal sampai tahapan akhir  tentang keterlibatan guru dan siswa dalam pembelajaran tersebut dapat diketahui bahwa dari  13 aspek keterlibatan siswa serta proporsi ketercapaiannya dapat digambarkan sebagai berikut : Pada tahap awal hanya satu fase yang tidak dapat berjalan dengan baik yaitu fase tanya jawab awal sedang fase yang lain berhasil karena hal tersebut sudah sering dilakukan dan bukan hal yang baru kegiatan tersebut yaitu Membuka pelajaran, Memotivasi siswa dengan cara menjelaskan serta mengaitkan topik pelajaran dengan pengetahuan siswa dengan cara tanya jawab,  Menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan hari ini,  Menyampaikan gambaran inti pembelajaran.

   Pada tahap inti hanya dua fase yang berhasil yaitu pembentukan kelompok yang diurutkan sesuai dengan nomor absen dibagi dua kelompok, dan siswa sudah bisa karena siswa semua mengetahui nomor absennya berapa dan dia ada di kelompok mana. Fase yang dapat dikatakan berhasil lagi adalah fase proses pengamatan gambar gambar tokoh tokoh perjuangan yang sudah ada dihadapan mereka, karena alat agambar sudah tersedia. Sedankan fase yang lain gagal.

   Pada tahap akhir dari hasil pengamatan dapat diketahui bahwa dari 2 aspek yang menjadi pengamatan haya satu fase yang berhasil yaitu pembahasan hasil diskusi dan pengambilan kesimpulan. Sedangkan pada tahap evaluasi tidak berhasil.

Dari seluruh proses pembelajaran dapat dikalkulasi bahwa pada tahap awal hanya dua fase, tahap inti satu fase dan tahap akhir satu fase. Dengan demikian dari 13 fase pembelajaran yang ini dicapai hanya 6 fase yang menunjukkan keberhasilan pembelajaran jika dihitung hanya 46 persen keberhasilan guru dalam proses pembelajaran tersebut.

Adapun kemampuan siswa dalam pemahaman Tokoh Tokoh perjuangan pada Zaman Belanda dan Jepang pada siklus I dapat dilihat di tabel berikut :

Tabel 1

Hasil Evaluasi Siklus I

No

Nama Siswa

Nilai Siklus I

Kemampuan

Nilai tertinggi/Terendah

1

Dwi riyan

5

­-

 

2

Indra

4

-

Terendah

3

Novi A

6

+

 

4

Riki Budi

7

+

 

5

Aprilia

6

+

 

6

Anto

5

-

 

7

Andi

6

+

 

8

Dedik

6

+

 

9

Edo

5

-

 

10

Fajar

5

-

 

11

Khoiron

7

+

 

12

Lilin

8

+

 

13

Moh Dwi

8

+

 

14

Novita sari

9

+

Tertinggi

15

Reny

7

+

 

16

Rany

7

+

 

17

Shinta

6

+

 

18

Saftiaji

4

-

 

19

Maya

6

+

 

Jumlah

117

 

 

Rata-rata

6,16

 

 

 

            Dari tabel diatas dapat diketahui bahwa nilai rata rata siswa adalah 6,16 dengan nilai tertinggi 9 dan nilai terendah 4. Dari 19 siswa tersebut diketahui siswa yang mendapatkan nilai kurang dari 6 adalah 6 siswa atau 31,6 persen dan siswa yang mendapatkan nilai 6 ke atas adalah 13 siswa atau 68,4 persen.

 

 

2.   SIKLUS 2

Dari hasil pengamatan yang sudah lakukan oleh teman sejawat dari tahapan awal sampai tahapan akhir  tentang keterlibatan guru dan siswa dalam pembelajaran tersebut dapat diketahui bahwa dari  13 aspek keterlibatan siswa serta proporsi ketercapaiannya dapat digambarkan sebagai berikut : Pada tahap awal semua fase sudah dapat lakuka dengangan baik, sedang fase yang lain sudah dapat dilakukan pada siklus pertama seingga pada siklus ke 2 tidak ada kendala. Selain itu keberhasil tersebut tersebut sudah sering dilakukan dan bukan hal yang baru kegiatan tersebut yaitu Membuka pelajaran, Memotivasi siswa dengan cara menjelaskan serta mengaitkan topik pelajaran dengan pengetahuan siswa dengan cara tanya jawab,  Menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan hari ini,  Menyampaikan gambaran inti pembelajaran.

      Pada tahap inti hanya 3 fase yang berhasil yaitu pembentukan kelompok yang diurutkan sesuai dengan nomor absen dibagi dua kelompok, dan siswa sudah bisa karena siswa semua mengetahui nomor absennya berapa dan dia ada di kelompok mana. Fase yang dapat dikatakan berhasil lagi adalah fase proses pengamatan gambar gambar tokoh tokoh perjuangan yang sudah ada dihadapan mereka, karena alat agambar sudah tersedia. Pada fase persiapan pembentukan deretan bangku dan pemberian nama kelompok sudah dapat derjalan dengan baik Sedangkan fase yang lain masih gagal.

      Pada tahap akhir dari hasil pengamatan dapat diketahui bahwa dari 2 aspek yang menjadi pengamatan keduanya sudah dapat dilakukan dengan baik atau  berhasil yaitu pembahasan hasil diskusi, pengambilan kesimpulan dan  evaluasi.

               Dari seluruh proses pembelajaran dapat dikalkulasi bahwa pada tahap awal hanya dua fase, tahap inti satu fase dan tahap akhir satu fase. Dengan demikian dari 13 fase pembelajaran yang ini dicapai hanya 9 fase yang menunjukkan keberhasilan pembelajaran jika dihitung mencapai 69,2 persen keberhasilan guru dalam proses pembelajaran tersebut.

      Adapun pengukuran kemampuan siswa dalam pemahaman Tokoh Tokoh perjuangan pada Zaman Belanda dan Jepang pada siklus II dapat dilihat di tabel berikut :

Tabel 2

Hasil Evaluasi Siklus II

No

Nama Siswa

Nilai Siklus I

Kemampuan

Nilai tertinggi/Terendah

1

Dwi riyan

5

­-

 

2

Indra

5

-

Terendah

3

Novi A

6

+

 

4

Riki Budi

8

+

 

5

Aprilia

7

+

 

6

Anto

7

+

 

7

Andi

7

+

 

8

Dedik

7

+

 

9

Edo

5

-

 

10

Fajar

6

+

 

11

Khoiron

8

+

 

12

Lilin

8

+

 

13

Moh Dwi

8

+

 

14

Novita sari

9

+

Tertinggi

15

Reny

7

+

 

16

Rany

7

+

 

17

Shinta

7

+

 

18

Saftiaji

6

+

 

19

Maya

6

+

 

Jumlah

129

 

 

Rata-rata

6,79

 

 

 

            Dari tabel diatas dapat diketahui bahwa nilai rata rata siswa adalah 6,79 dengan nilai tertinggi 9 dan nilai terendah 4. Dari 19 siswa tersebut diketahui siswa yang mendapatkan nilai kurang dari 6 adalah 7 siswa atau 36,8 persen dan siswa yang mendapatkan nilai 6 ke atas adalah 12 siswa atau 63,2 persen.

 

3.      SIKLUS 3

Dari hasil pengamatan yang sudah lakukan oleh teman sejawat dari tahapan awal sampai tahapan akhir  tentang keterlibatan guru dan siswa dalam pembelajaran tersebut dapat diketahui bahwa dari  13 aspek keterlibatan siswa serta proporsi ketercapaiannya dapat digambarkan sebagai berikut : Pada tahap awal semua fase dapat berjalan dengan baik yaitu fase tanya jawab awal sedang fase yang lain berhasil dari siklus 1 sampai 2 karena hal tersebut sudah sering dilakukan dan bukan hal yang baru kegiatan tersebut yaitu Membuka pelajaran, Memotivasi siswa dengan cara menjelaskan serta mengaitkan topik pelajaran dengan pengetahuan siswa dengan cara tanya jawab,  Menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan hari ini,  Menyampaikan gambaran inti pembelajaran. Pada tahap inti hanya 5 yang berhasil yaitu pembentukan kelompok yang diurutkan sesuai dengan nomor absen dibagi dua kelompok, dan siswa sudah bisa karena siswa semua mengetahui nomor absennya berapa dan dia ada di kelompok mana. Fase yang dapat dikatakan berhasil lagi adalah fase proses pengamatan gambar gambar tokoh tokoh perjuangan yang sudah ada dihadapan mereka, karena alat gambar sudah tersedia. Dan Memberi Tugas mengamati gambar yang terletak di deretan meja yang sama dengan kelompoknya. Fase yan kelima yaitu Memberikan Pertanyaan atau Kuis tentang gambar tokoh yang ada diatas bangku dapat  berjalan dengan baik.

               Pada tahap akhir dari hasil pengamatan dapat diketahui bahwa dari 2 aspek yang menjadi pengamatan semua fase dapat berjalan dengan baik yaitu pembahasan hasil diskusi dan pengambilan kesimpulan. Dan proses evaluasi.

               Dari seluruh proses pembelajaran dapat dikalkulasi bahwa pada tahap awal hanya dua fase, tahap inti satu fase dan tahap akhir satu fase. Dengan demikian dari 13 fase pembelajaran yang ini dicapai hanya 2 yang tidak berhasil dalam pembelajaran. Jika dihitung keberhasilan guru mencapai 84,6 persen.

               Adapun kemampuan siswa dalam pemahaman Tokoh Tokoh perjuangan pada Zaman Belanda dan Jepang pada siklus III dapat dilihat di tabel berikut :

Tabel 3

Hasil Evaluasi Siklus III

No

Nama Siswa

Nilai Siklus I

Kemampuan

Nilai tertinggi/Terendah

1

Dwi riyan

7

+

 

2

Indra

5

-

Terendah

3

Novi A

7

+

 

4

Riki Budi

8

+

 

5

Aprilia

8

+

 

6

Anto

6

+

 

7

Andi

6

+

 

8

Dedik

7

+

 

9

Edo

7

+

 

10

Fajar

6

+

 

11

Khoiron

7

+

 

12

Lilin

9

+

 

13

Moh Dwi

9

+

 

14

Novita sari

10

+

Tertinggi

15

Reny

7

+

 

16

Rany

7

+

 

17

Shinta

8

+

 

18

Saftiaji

5

-

 

19

Maya

7

+

 

Jumlah

136

 

 

Rata-rata

7,16

 

 

 

               Dari tabel diatas dapat diketahui bahwa nilai rata rata siswa adalah 7,16 dengan nilai tertinggi 9 dan nilai terendah 4. Dari 19 siswa tersebut diketahui siswa yang mendapatkan nilai kurang dari 6 adalah 6 siswa atau 31,6 persen dan siswa yang mendapatkan nilai 6 ke atas adalah 13 siswa atau 68,4 persen.

              

B.    PEMBAHASAN

1.      SIKLUS 1

            Berdasarkan hasil penelitian pada siklus 1 dapat diketahui bahwa nilai rata rata siswa adalah 6,16 dengan nilai tertinggi 9 dan nilai terendah 4. Dari 19 siswa tersebut diketahui siswa yang mendapatkan nilai kurang dari 6 adalah 6 siswa atau 31,6 persen dan siswa yang mendapatkan nilai 6 ke atas adalah 13 siswa atau 68,4 persen.

            Dengan perbaikan pembelajaran yang sudah lakukan dengan menggunakan alat peraga pada mata pelajaran IPS hasilnya belum menunjukkan nilai yang signifikan hal ini disebabkan karena siswa sebagai subjek penelitian belum memahami secara menyeluruh tentang proses perbaikan pembelajaran ini, yang kedua ketidak siapan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang peneliti lakukan hal ini disebabkan karena sikap mengajar guru yang sudah sejian lama terbentuk menggunak metode metode konvensional. Ketidaksiapan ini tersebut dapat dilihat dari data observasi tentang keberhasilan guru dalam pembelajaran.

Dari seluruh proses perbaikan pembelajaran dapat dikalkulasi bahwa pada tahap awal hanya dua fase, tahap inti satu fase dan tahap akhir satu fase. Dengan demikian dari 13 fase pembelajaran yang ini dicapai hanya 6 fase yang menunjukkan keberhasilan pembelajaran jika dihitung hanya 46 persen keberhasilan guru dalam proses pembelajaran tersebut.

Hal ini sesuai dengan pendapat (Sudjana, 2002: 99-100) dalam bukunya Dasar-dasar Proses belajar mengajar  a). Penggunaan alat peraga dalam proses belajar mengajar bukan merupakan fungsi tambahan tetapi mempunyai fungsi tersendiri sebagai alat bantu untuk mewujudkan situasi belajar mengajar yang efektif. b). Penggunaan alat peraga merupakan bagian yang integral dari keseluruhan situasi mengajar. c). Alat peraga dalam pengajaran penggunaannya integral dengan tujuan dan isi pelajaran. d). Alat peraga dalam pengajaran bukan semata-mata alat hiburan atau bukan sekedar pelengkap. e). Alat peraga dalam pengajaran lebih diutamakan untuk mempercepat proses belajar mengajar dan membantu siswa dalam menangkap pengertian yang diberikan guru. Penggunaan alat peraga dalam pengajaran diutamakan untuk mempertinggi mutu belajar mengajar.

 

 

2.      SIKLUS 2

            Setelah melihat hasil perbaikan penelitian pada siklus 2 didapatkan hasil perkembangan prestasi siswa sebagai berikut bahwa nilai rata rata siswa adalah 6,79 dengan nilai tertinggi 9 dan nilai terendah 4. Dari 19 siswa tersebut diketahui siswa yang mendapatkan nilai kurang dari 6 adalah 7 siswa atau 36, 8persen dan siswa yang mendapatkan nilai 6 ke atas adalah 12 siswa atau 63,2  persen.

            Jika dibandingkan dengan proses perbaikan prestasi pada siklus 1 terlihat jelas peningkatan prestasi belajar siswa yang  cukup bagus dari  68,4 % yang mendapat nilai diatas 6 sekarang menjadi 84,2 %.

      Sedangkan dilihat dari keberhasilan tindakan oleh guru sebagai peneliti proses pembelajaran dapat dikalkulasi bahwa pada tahap awal hanya dua fase, tahap inti satu fase dan tahap akhir satu fase. Dengan demikian dari 13 fase pembelajaran yang ini dicapai hanya 9 fase yang menunjukkan keberhasilan pembelajaran jika dihitung mencapai 69,2 persen keberhasilan guru dalam proses pembelajaran tersebut. Jika dilihat dari proses perbaikan keberhasilan guru sebagai peneliti dari nilai  46 % menjadi 69,2 %. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi linieritas antara pencapaian prestasi siswa dalam mata pelajaran IPS dengan keberhasilan tindakan guru dalam pembelajaran menggunakan alat peraga. Hal ini namapak jelas keseuaian apa yang di samapaikan oleh (R.M. Soelarko, 1995: 6) bahwa Fungsi dari alat peraga ialah memvisualisasikan sesuatu yang tidak dapat dilihat atau sukar dilihat, hingga nampak jelas dan dapat menimbulkan pengertian atau meningkatkan persepsi seseorang.

 

3.      SIKLUS 3

Pada siklus yang ketiga nampak jelas perubahan prestasi belajar siswa bahwa nilai rata rata siswa adalah 7,16 dengan nilai tertinggi 9 dan nilai terendah 4. Dari 19 siswa tersebut diketahui siswa yang mendapatkan nilai kurang dari 6 adalah 6 siswa atau 31,6 persen dan siswa yang mendapatkan nilai 6 ke atas adalah 13 siswa atau 68,4 persen.

Dari seluruh proses pembelajaran dapat dikalkulasi bahwa pada tahap awal hanya dua fase, tahap inti satu fase dan tahap akhir satu fase. Dengan demikian dari 13 fase pembelajaran yang ini dicapai hanya 2 yang tidak berhasildalam pembelajaran. Jika dihitung keberhasilan guru mencapai 84,6 persen.

Dengan kondisi pencapaian prestasi belajar 7,16 maka, sudah cukup untuk membuktikan bahwa alat peraga memang sangat berpengaruh pada pencapaian prestasi belajar. Sesuai dengan pendapat (Sudjana, 2002: 99-100) dalam bukunya Dasar-dasar Proses belajar mengajar  a). Penggunaan alat peraga dalam proses belajar mengajar bukan merupakan fungsi tambahan tetapi mempunyai fungsi tersendiri sebagai alat bantu untuk mewujudkan situasi belajar mengajar yang efektif. b). Penggunaan alat peraga merupakan bagian yang integral dari keseluruhan situasi mengajar. c). Alat peraga dalam pengajaran penggunaannya integral dengan tujuan dan isi pelajaran. d). Alat peraga dalam pengajaran bukan semata-mata alat hiburan atau bukan sekedar pelengkap. e). Alat peraga dalam pengajaran lebih diutamakan untuk mempercepat proses belajar mengajar dan membantu siswa dalam menangkap pengertian yang diberikan guru. Penggunaan alat peraga dalam pengajaran diutamakan untuk mempertinggi mutu belajar mengajar.

Grafik 4.1.  Peningkatan Prestasi Belajar siswa siklus 1 s/d 3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 Dengan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Alat Peraga dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang Tokoh pejuang dalam menghadapi penjajah belanda dan jepang.

Berdasarkan hasil pelaksanaan perbaikan pembelajaran menggunakan metode alat peraga yang terdiri dari 3 siklus yang dilakukan oleh peneliti dan siswa sebagai subjek penelitian maka didapatkan data sebagai berikut :

 

Grafik  4.2. Grafik Peningkatan perbaikan pembelajaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB V

PENUTUP

 

A.    SIMPULAN

Berdasarkan  hasil analis dan pembahasan maka dapat di simpulkan bahwa penggunaan metode alat peraga dapat meningkatkan pemahaman konsep IPS pada siswa kelas V semester II SDN Mergosari 01 Tahun Ajaran 2008 di Kecamatan Tarik - Kabupaten Sidoarjo.

 

B.     SARAN

                  Berdasarkan hasil temuan dan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode bervariasi maka disarankan :

a.      Kepala  sekolah hendaknya  memberikan pembinaan kepada guru guru bidang Sosial unutuk mempertimbangkan penggunaan metode Alat Peraga.

b.      Bagi guru  bidang studi Sosial untuk dapat menggunakan metode Alat Peraga dan disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan.

c.      Bagi teman sejawat sebagai observer yang akan melaksanakan penelitian hendaknya lebih memperhatikan ketelitian dalam penyusunan langkah langkah dalam prosedur PTK.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

 

 Departemen pendidikan Nasional 2007 ” Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan IPS”

 

Departemen pendidikan Nasional 2007 ” Silabus Mata Pelajaran  IPS”

 

U. Usman, 1993. Upaya Optimalisasi kegiatan Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

 

W. Rochiati,  2005. Metode penelitian tindakan kelas, Bandung : PT Remaja Rosda karya.

 

Wardini J & N Marsinah, 2007 ” Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta : Universitas Terbuka.

 

www.Jurnalindonesia.online “Alat peraga sebagai metode pembelajaran IPS ” diakses tanggal 04 Mei  2008 jam 11.30.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar Observasi Oleh Observer (Siklus I)

 

No

Kegiatan guru

Ada

Komentar

Kegiatan Siswa

Ada

Komentar

A

Kegiatan Awal

1.      Membuka pelajaran

2.      Memotivasi siswa dengan cara menjelaskan serta mengaitkan topik pelajaran dengan pengetahuan siswa dengan cara tanya jawab

3.      Menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan hari ini

4.      Menyampaikan gambaran inti pembelajaran.

Ada

 

Guru tidak bisa memotivasi siswa sehinga siswa kurang tertarik menjawab pertanyaan

 

Kegiatan Awal

1.      Menjawab salam pembukaan dari guru.

2.    Menjawab pertanyaan guru sesuai dengan pengetahuan awal

3.   Memperhatikan penjelasan guru

4.      Memperhatikan Penjelasan Guru

Ada

 

 

Siswa Mendengarkan dengan baik  tetapi belum merespon pertanyaan

 

 

 

 

 

 

B

Kegiatan Inti

1.      Guru membagi siswa dalam dua kelompok.

2.      Mempersiapkan dua deretan bangku yang disusun memanjang ke belakang, masing-masing diberi tanda A dan B.

3.      Meletakkan 7 buah atau lebih gambar tentang tokoh pejuang yang berbeda-beda dan memberi nomor urut gambar.

4.      Memberi Tugas mengamati gambar yang terletak di deretan meja yang sama dengan kelompoknya.

5.      Memberi Pertanyaan atau Kuis tentang gambar tokoh yang ada diatas bangku.

6.      Meminta siswa untuk berdiskusi tentang tokoh tersebut serta membuat laporan.

7.      Meminta Siswa untuk presentasi

 

 

 

 

Ada

 

 

 

 

 

Kegiatan Inti

1.      Siswa  Membagi menjadi 2 kelompok sesuai dengan perintah guru

2.      Siswa Mengikuti perintah guru menyususn bangku memanjang  dan memberi Tanda A dan B.

3.      Siswa meletakkan gambar tokoh secara berutan.

4.      Siswa mengamatai setiap gambar tokoh dan mengidentifikasinya

5.      Siswa menjawab kuis dan bercerita tentang tokoh

6.      Siswa melakukan diskusi

7.      Siswa presentasi

 

 

 

 

Ada

 

 

 

 

 

 

C

Kegiatan akhir

1.      Bersama siswa membahas temuan-temuan dan mengambil sipulan.

 

2.      Mengadakan  Evaluasi

Ada

Evaluasi belum berjalan dengan baik

Kegiatan akhir

1.       Siswa membuat kesimpulan

2.       Siswa mengerjakan soal evaluasi

 

ada

Siswa belum mengerjakan evaluasi dengan baik

 

Observer/Pengamat

 

 

 

 

S. RAHAYU NINGSIH, S.Pd

NIP. 131 049 701

 

 

 

Lembar Observasi Oleh Observer (Siklus II)

 

No

Kegiatan guru

Ada

Komentar

Kegiatan Siswa

Ada

Komentar

A

Kegiatan Awal

1. Membuka pelajaran

2. Memotivasi siswa dengan cara menjelaskan serta mengaitkan topik pelajaran dengan pengetahuan siswa dengan cara tanya jawab

3. Menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan hari ini

4. Menyampaikan gambaran inti pembelajaran.

Ada

 

 

Guru Sudah menjalankan langkah awal dengan baik

Kegiatan Awal

1.Menjawab salam pembukaan dari guru.

2.Menjawab pertanyaan guru sesuai dengan pengetahuan awal

3.Memperhatikan penjelasan guru

4.Memperhatikan Penjelasan Guru

Ada

 

 

 

Siswa menikuti perintah dan bersikap pro aktif

 

 

 

 

 

B

Kegiatan Inti

1.       Guru membagi siswa dalam dua kelompo

2.       Mempersiapkan dua deretan bangku yang disusun memanjang ke belakang, masing-masing diberi tanda A dan B.

3.       Meletakkan 7 buah atau lebih gambar tentang tokoh pejuang yang berbeda-beda dan memberi nomor urut gambar.

4.       Memberi Tugas mengamati gambar yang terletak di deretan meja yang sama dengan kelompoknya.

5.       Memberi Pertanyaan atau Kuis tentang gambar tokoh yang ada diatas bangku.

6.       Meminta siswa untuk berdiskusi tentang tokoh tersebut serta membuat laporan.

7.       Meminta Siswa untuk presentasi

Ada

Guru Sudah bisa menjalankan fase demi fase  dengan baik tetapi kurang jelas dalam mengarahkan terutama fase 4 sampai 7

Kegiatan Inti

1.      Siswa  Membagi menjadi 2 kelompok sesuai dengan perintah guru

2.      Siswa Mengikuti perintah guru menyususn bangku memanjang  dan memberi Tanda A dan B.

3.      Siswa meletakkan gambar tokoh secara berutan.

4.      Siswa mengamatai setiap gambar tokoh dan mengidentifikasinya

5.      Siswa menjawab kuis dan bercerita tentang tokoh

6.      Siswa melakukan diskusi

7.      Siswa presentasi

Ada

Sisa kurang bisa menjalankan instruksi guru terutama fase 4 sampai 7

C

Kegiatan akhir

1.      Bersama siswa membahas temuan-temuan dan mengambil sipulan.

 

2.      Mengadakan  Evaluasi

Ada

Guru sudah bisa menjalankan  tugas dengan baik

Kegiatan akhir

1.      Siswa membuat kesimpulan

2.      Siswa mengerjakan soal evaluasi

 

Ada

Siswa Pro aktif

 

Observer/Pengamat

 

 

 

 

S. RAHAYU NINGSIH, S.Pd

NIP. 131 049 701

 

 

 

 

 

Lembar Observasi Oleh Observer (Siklus III)

 

No

Kegiatan guru

Ada

Komentar

Kegiatan Siswa

Ada

Komentar

A

Kegiatan Awal

1. Membuka pelajaran

2. Memotivasi siswa dengan cara menjelaskan serta mengaitkan topik pelajaran dengan pengetahuan siswa dengan cara tanya jawab

3. Menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan hari ini

4. Menyampaikan gambaran inti pembelajaran.

Ada

 

 

Guru Sudah menjalankan langkah awal dengan baik

Kegiatan Awal

1.Menjawab salam pembukaan dari guru.

2.Menjawab pertanyaan guru sesuai dengan pengetahuan awal

3.Memperhatikan penjelasan guru

4.Memperhatikan Penjelasan Guru

Ada

 

 

 

Siswa menikuti perintah dan bersikap pro aktif

 

 

 

 

 

B

Kegiatan Inti

1. Guru membagi siswa dalam dua kelompok.

2. Mempersiapkan dua deretan bangku yang disusun memanjang ke belakang, masing-masing diberi tanda A dan B.

3. Meletakkan 7 buah atau lebih gambar tentang tokoh pejuang yang berbeda-beda dan memberi nomor urut gambar.

4. Memberi Tugas mengamati gambar yang terletak di deretan meja yang sama dengan kelompoknya.

5. Memberi Pertanyaan atau Kuis tentang gambar tokoh yang ada diatas bangku.

6. Meminta siswa untuk berdiskusi tentang tokoh tersebut serta membuat laporan.

7. Meminta Siswa untuk presentasi

Ada

Guru Sudah bisa menjalankan fase demi fase  dengan baik tetapi kurang jelas dalam mengarahkan terutama fase 6 sampai 7

Kegiatan Inti

1.Siswa  Membagi menjadi 2 kelompok sesuai dengan perintah guru

2.Siswa Mengikuti perintah guru menyususn bangku memanjang  dan memberi Tanda A dan B.

3.Siswa meletakkan gambar tokoh secara berutan.

4.Siswa mengamatai setiap gambar tokoh dan mengidentifikasinya

5.Siswa menjawab kuis dan bercerita tentang tokoh

6.Siswa melakukan diskusi

7.Siswa presentasi

Ada

Sisa kurang bisa menjalankan instruksi guru terutama fase 6 sampai 7

C

Kegiatan akhir

1.Bersama siswa membahas temuan-temuan dan mengambil sipulan.

2.Mengadakan  Evaluasi

Ada

Guru sudah bisa menjalankan  tugas dengan baik

Kegiatan akhir

1.Siswa membuat kesimpulan

2.Siswa mengerjakan soal evaluasi

 

Ada

Siswa Pro aktif

 

Observer/Pengamat

 

 

 

 

S. RAHAYU NINGSIH, S.Pd

NIP. 131 049 701

 

 

 

 

 

 

 

 

0 komentar:

Post a Comment