SMP NEGERI 2 SUSUT

AKSI NYATA PELATIHAN MANDIRI GURU MENGAJAR TOPIK MERDEKA BELAJAR

Written By Bangli Era Baru on Friday, December 30, 2022 | 6:44 AM

 Pelaksanaan Pelatihan Mandiri Merdeka Belajar di SMPN 2 Susut

Pada kegiatan aksi nyata Pelatihan Mandiri Merdeka Belajar ini saya memilih kegiatan menyebarkan pemahaman Merdeka Belajar kepada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Susut. Alasan saya menyebarkan pemahaman Merdeka Belajar kepada siswa karena hakikat dari Merdeka Belajar ialah pendidikan yang berorientasi pada anak dimana anak sebagai siswa tidak hanya sebagai objek dalam proses belajar tetapi juga subjek yang memiliki peran aktif dalam berlangsungnya pembelajaran. Oleh karena itu, anak-anak sebagai siswa harus mengetahui apa yang dimaksud dengan Merdeka Belajar tersebut dan apa pentingnya bagi mereka.


Gambar Merdeka Belajar di SMPN 2










Kegiatan aksi nyata menyebarkan pemahaman Merdeka Belajar kepada siswa ini saya lakukan melalui media video yang dapat disimak siswa secara daring. Setelah menyimak video tentang Merdeka Belajar, siswa mengisi form refleksi pada link Google Form maupun link Padlet yang saya bagikan melalui WhatsApp Group setiap kelas.

Merdeka Belajar di SMPN 2

Merdeka Belajar di SMPN 2

Media Google Form untuk kegiatan refleksi siswa setelah menyimak video Merdeka Belajar


Merdeka Belajar di SMPN 2

Beberapa hasil refleksi siswa tentang Merdeka Belajar pada link Google Form



Merdeka Belajar di SMPN 2


Link Padlet untuk refleksi Merdeka Belajar dan beberapa respon siswa

 

Dari kegiatan aksi nyata menyebarkan pemahaman Merdeka Belajar yang saya lakukan ini, siswa cukup antusias dan memberikan respon positif. Siswa juga menyampaikan bahwa ada beberapa hal yang baru mereka sadari setelah menyimak video Merdeka Belajar yang saya berikan, diantaranya tentang miskonsepsi terkait belajar dimana siswa menganggap bahwa proses belajar berada di bawah kendali penuh guru dan siswa berada pada posisi menerima dan mengikuti alur pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Padahal sejatinya siswa juga memiliki kendali dan kontribusi dalam proses belajar yang ditandai dengan kesepakatan antara guru dan siswa terkait tujuan pembelajaran, pilihan cara proses pembelajaran dan refleksi pembelajaran. Siswa juga menyadari bahwa tindakan nyata yang menjadi wujud Merdeka Belajar bisa dilihat dari hal sederhana seperti belajar secara mandiri saat guru tidak ada di kelas dan mengetahui kekurangan maupun kelebihan dirinya.


Refleksi Aksi Nyata: Merdeka Belajar untuk Siswa
 

Dari kegiatan aksi nyata ini, saya memperoleh kesempatan untuk mengasah pemahaman saya terkait Merdeka Belajar serta membagikannya kepada siswa saya. Merdeka Belajar disini bukan berarti guru memberikan kebebasan penuh untuk siswa melakukan proses belajar. Akan tetapi, Merdeka Belajar ialah proses belajar dimana siswa diberi kebebasan melalui kesepakatan bersama dengan guru terkait tujuan pembelajaran, cara proses belajar dan refleksi pembelajaran yang akan dilakukan. Dengan kata lain, guru sebagai penuntun yang senantiasa memberi tuntunan dan arahan agar siswa tidak kehilangan arah dan membahayakan dirinya dalam prosesnya belajar sehingga siswa dapat menemukan kemerdekaannya dalam belajar.

Saya juga makin memahami bahwa tugas guru bukan hanya sebagai pengajar yang menyampaikan materi di kelas kepada siswa tetapi juga sebagai pendidik yang mampu menuntun tumbuh kembang siswa sesuai kodratnya, tidak hanya secara intelektual tetapi juga perilaku dan budi pekerti. Sebagai guru, saya harus memahami bahwa setiap siswa saya ialah individu berbeda dengan keunikannya masing-masing yang tidak dapat disamakan satu dengan lainnya. Karenanya, saya harus terus belajar dan mengembangkan diri sebagai guru agar mampu melihat apa kebutuhan setiap siswa saya dan menuntun mereka sesuai dengan kodratnya masing-masing. Perubahan juga harus saya lakukan dalam proses pembelajaran yang selama ini saya terapkan, baik dari metode maupun fokus pembelajaran yang selama ini lebih bertumpu pada penguasaan kemampuan kognitif menjadi pembelajaran bermakna yang holistik dan kontekstual. Meskipun akan memakan waktu dan tidak dapat berlangsung dengan cepat, namun perubahan menuju Merdeka Belajar ini perlu dilakukan walaupun dengan perlahan-lahan.


#smpn2susut




0 komentar:

Post a Comment