SMP NEGERI 2 SUSUT

AKSI NYATA PELATIHAN MANDIRI MERDEKA MENGAJAR TOPIK DISIPLIN POSITIF

Written By Bangli Era Baru on Friday, December 30, 2022 | 7:00 AM

 Pelatihan Mandiri Merdeka Mengajar untuk topik Disiplin Positif

Pada kegiatan aksi nyata Pelatihan Mandiri Merdeka Mengajar untuk topik Disiplin Positif ini, saya melakukan kegiatan identifikasi kebutuhan dasar murid kelas IX SMP Negeri 2 Susut tahun pelajaran 2022/2023 dengan survey melalui Google Forms. Kegiatan ini juga dapat dimanfaatkan untuk menggali informasi terkait murid sebelum pelaksanaan pembelajaran di tahun ajaran baru. Link Google Forms untuk survey identifikasi kebutuhan dasar murid kelas IX SMP Negeri 2 Susut tahun pelajaran 2022/2023 ini saya bagikan melalui WhatsApp Group masing-masing kelas. Dalam survey melalui Google Forms saya sertakan video penjelasan yang saya buat tentang lima kebutuhan dasar manusia menurut William Glasser.

Seperti yang telah saya pelajari pada topik Disiplin Positif ini, lima kebutuhan dasar manusia terdiri atas kebutuhan bertahan hidup (survival), kebutuhan akan kasih saying (belonging/ love), kebutuhan akan kekuasaan/ pengakuan (power), kebutuhan akan kesenangan (fun) dan kebutuhan akan kebebasan (freedom). Tidak hanya dalam konteks kehidupan sehari-hari saja lima kebutuhan dasar manusia ini seyogyanya terpenuhi tetapi juga dalam hal pembelajaran. Untuk membentuk lingkungan sekolah yang warganya memiliki disiplin positif dalam diri, kebutuhan dasarnya wajib terpenuhi. Mengapa? Karena kebutuhan dasar manusia ini menjadi dasar segala tindakan yang kita lakukan. Contohnya, ketika seorang murid merasa bosan dengan model pembelajaran yang diterapkan guru, bisa saja kebosanannya tersebut memicu tindakannya untuk mengganggu temannya saat belajar hanya untuk mencari kesenangan. Dari hal tersebut, dapat dikatakan bahwa si murid sedang berusaha memenuhi kebutuhan dasarnya akan kesenangan. Hanya saja tindakan yang ia lakukan bukanlah tindakan positif. Melalui kegiatan identifikasi kebutuhan dasar murid ini, guru dapat memetakan apa saja kebutuhan dasar murid yang sudah dan belum terpenuhi. Dengan demikian, guru dapat merancang pembelajaran yang mampu memenuhi kebutuhan dasar murid.

Berikut ini dokumentasi media yang saya gunakan dalam kegiatan identifikasi kebutuhan dasar murid kelas IX SMP Negeri 2 Susut tahun pelajaran 2022/2023:


Disiplin Positif SMPN 2 susut


Video penjelasan lima kebutuhan dasar manusia yang saya buat dan unggah di YouTube

Gambar Disiplin Positif SMPN 2 susut


Survey Google Form untuk umpan balik murid terkait identifikasi kebutuhan dasar murid 

Aksi Nyata Topik  Disiplin Positif  di SMPN 2 susut

    Dari hasil pemetaan tersebut, kebutuhan akan kebebasan (freedom) menjadi kebutuhan dasar dengan persentase tertinggi yang belum terpenuhi bagi murid kelas IX SMP Negeri 2 Susut tahun pelajaran 2022/2023. Guna memenuhi kebutuhan murid kelas IX SMP Negeri 2 Susut yang belum terpenuhi tersebut strategi yang ingin saya terapkan adalah dengan menjadikan murid sebagai pusat pembelajaran dimana saya ingin memberikan keleluasaan kepada murid untuk menentukan bentuk pembelajaran yang ingin diterapkan melalui diskusi terbuka. Contohnya guru dapat memberikan beberapa contoh pembelajaran interaktif dan menarik yang dapat murid-murid pilih untuk diterapkan di kelas saat pembelajaran. Ketika murid merasa nyaman, memiliki kemandirian, kontribusi serta kendali atas bentuk pembelajaran yang telah disepakati bersama, maka diharapkan kebutuhan murid akan kebebasan (freedom) dapat terpenuhi.

#smpn2susut





0 komentar:

Post a Comment