SMP NEGERI 2 SUSUT

Efektifitas Penggunaan CBT Asesmen di SMPN 2 Susut

Written By Bangli Era Baru on Thursday, March 23, 2023 | 7:20 AM

 Computer Based Test (CBT) 

Computer Based Test atau Tes Berbasis Komputer adalah  tes dengan sistem pelaksanaan menggunakan komputer sebagai media untuk melakukan tes. Penyajian dan pemilihan soal CBT dilakukan secara terkomputerisasi sehingga setiap peserta yang mengerjakan tes mendapatkan paket soal yang berbeda-beda.
Pelaksanaan ujian dengan sistem CBT atau Computer Based Test tentu memiliki perbedaan dengan sistem PBT atau Paper Based Test dalam hal media pengerjaan. Peserta ujian menggunakan sistem CBT langgung dapat memilih jawaban yang benar pada layar komputer namun menggunakan sistem PBT peserta diwajibkan menghitamkan bulatan di kertas lembar jawaban.
Pada sistem CBT peserta ujian hanya perlu menggeser dan klik kursor pada jawaban yang dianggap benar. Namun dengan sistem PBT, peserta ujian juga dituntut untuk teliti supaya jawaban bisa terbaca saat dikoreksi dengan mesin pemindai. Kertas juga rentan berlubang jika menggunaakan perhapus yang kasar.
Konsep Computer Based Test (CBT) merupakan suatu konsep komputerisasi yang dilaksanakan menggunakan perangkat teknologi secara bersamaan yang memungkinkan sekolah untuk melaksanakan ujian maupun test secara online.
Pada tahun 2014 tidak semua sekolah di Indonesia menggunakan CBT hanya beberapa sekolah saja, dikarenakan tahun 2014 merupakan petama kali diadakan CBT sehingga tidak semua sekolah  siap untuk melaksankan CBT dan tidak mempunyai fasilitas yang memadai.
Selain itu di tahun 2016 bukan hanya pelaksanaan UN yang menggunakan CBT tetapi sebagian pelaksanaan SBMPT juga sudah mulai menggunakan CBT. Pada tahun 2020 ini, di Masa Pandemi Virus Corona (Covid-19) merupakan efek yang berdampak pada dunia pendidikan kita, sehingga disarankan untuk sekolah mempunyai sistem online bagi sekolah mereka, selain itu juga harus mempunyai sistem integrasi yang kita sebut dengan Computer Based Test (CBT) ini sendiri.
Maka dari itu, kami di SMPN 2 Susut akan menerapkan Konsep Computer Based Test (CBT),mulai tahun 2023 hanya dibutuhkan HP TANPA PERLU PAKET DATA ATAU TIDAK BUTUH JARINGAN INTERNET

Berikut tata cara untuk akses Computer Based Test (CBT) yang akan di gunakan di SMPN 2 Susut

1. Cara Mendapatkan Akses  Computer Based Test (CBT) 

Untuk mendapatkan akses  Computer Based Test (CBT) untuk siswa, silakan hubungi Guru SMPN 2 Susut.Anda akan mendapatkan akses berupa NIS  dan password untuk login.

2. Login Sebagai Siswa

Setelah Anda mendapatkan aksesnya, silakan login di halaman  Computer Based Test (CBT) Anda dengan pertamakali hubungkan wifi hp ke jaringan yang disediakan yaitu CBT1 lalu buka google crome ketik http://192.168.0.3/cbtv3 

Selanjutnya,  masukkan NIS dan password Anda.

Gambar  Computer Based Test (CBT)

3. Ubah atau Reset Password Login Computer Based Test (CBT)

Default password yang Anda dapatkan dari admin adalah 12345678 sehingga demi alasan keamanan, maka kami sangat menyarankan untuk mengubah password Anda secepatnya.

Gambar  Computer Based Test (CBT)

sebaiknya jangan ubah password Computer Based Test (CBT)

mengejakan soal

setelah login silakan klik tab ujian

Gambar  Computer Based Test (CBT)

silakan klik ikuti ujian

Gambar  Computer Based Test (CBT)

ada tamilan seperti ini silakan minta TOKEN pada guru lalu isi pada kolom TOKEN

Gambar  Computer Based Test (CBT)

jika sudah muncul seperti ini silakan klik MULAI

Gambar  Computer Based Test (CBT)

lalu tekan OK

siap untuk memulai ujian

Gambar  Computer Based Test (CBT)

Gambar  Computer Based Test (CBT)

jika sudah selesai silakan klik SELESAI

akan mucul kembali konfirmasi

Gambar  Computer Based Test (CBT)

nah silakan tekan OK untuk konfirmasi selesai ujian dan akan muncul tampilan

Gambar  Computer Based Test (CBT)

nah sangat mudah dan efektifkan



#smpn2susut

0 komentar:

Post a Comment